Full Chocolate Birthday Cake

22.44.00

Adik saya yang paling kecil suka minta dibuatin kue kalo lagi ulang tahun, hampir setiap tahun. Karena dia lagi keranjingan kit kat dan cokelat-cokelat lainnya, jadinya cake yang saya pilih brownies kukus dengan cokelat ganache dan beberapa merek cokelat juga biskuit yang sering dia makan sebagai hiasannya. Brownies kukus yang saya buat saya ambil dari buku "Kitab Masakan", kebetulan resep ini adalah resep yang laing keluarga saya suka.



Resep Brownies Kukus
Bahan:
150 gram tepung terigu
20  gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
50  gram dark cooking chocolate, lelehkan
200 gram mentega, lelehkan
5   butir telur
150 gram gula pasir
50  ml susu kental manis cokelat
1/4 sdt vanili
50  gram meises
50  gram kacang mede, cincang kasar

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder. Aduk rata, ayak lalu sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai putih. Masukan campuran terigu, aduk rata. Tambahkan susu kental manis cokelat, vanili, cokelat leleh, dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk sampai rata.
3. Tuang dua pertiga adonan kedalam loyang berukuran 20x20 cm ( saya pakai loyang bundar 18 cm ) yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti, kukus dengan api kecil selama 15 menit. Keluarkan loyang dari dandang, lalu taburi permukaan loyang dengan meises. 
4. Tuang sisa adonan ke atasnya. Taburi dengan kacang mede dan kukus kembali selama 40 menit. Angkat dan dinginkan.

Resep Ganache
Chocolate Glaze
Bahan:
100 ml heavy cream
100 gram dark cooking chocolate
Cara Membuat:
Panaskan heavy cream dengan cara direbus, jangan sampai mendidih hanya sampai pada pinggirannya terdapat gelembung kecil, kemudian masukan dark cooking chocolate, diamkan selama 5 menit, kemudian aduk dengan menggunakan hand wisk, tunggu hingga dingin.

Chocolate Frosting
Bahan 
100 ml heavy cream
200 gram dark cooking chocolate

Cara Membuat:
Panaskan heavy cream dengan cara direbus, jangan sampai mendidih hanya sampai pada pinggirannya terdapat gelembung kecil, kemudian masukan dark cooking chocolate, diamkan selama 5 menit, kemudian aduk dengan menggunakan hand wisk. Tunggu hingga dingin lalu masukan ke dalam kulkas, dinginkan hingga mengeras kemudian kocok dengan hand mixer hingga mengembang.


Dalam beberapa hari aja, kue ini udah abis sama orang rumah dan temen-temen yang dateng ke rumah. Dan mereka bilang enak, Alhamdulillah.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe