Red Velvet Chocolate Cake

20.06.00

Tanggal 29 Mei kemarin, kebetulan ulang tahun saya. Sudah beberapa tahun dirumah jarang banget beli kue, karena sudah otomatis tugas saya untuk bikin kue. Walaupun untuk ulang tahun saya, saya masih wajib banget untuk bikin kue, karena yang bisa masak kue di rumah cuma saya. Jadi ulang tahun sendiri, bikin kue sendiri juga, hehehehe.



Salah satu yang paling mudah dibuat (menurut saya) Red Velvet Cake dan saya paling suka kalau pakai cokelat juga. Akhirnya, saya buat Red Velvet Cake dengan buttercream dan disiram sedikit cokelat ganache, untuk hiasan saya pakai cokelat merek maltitos dan sprinkles. Resep yang sering saya gunakan adalah resep Red Velvet Cupcakes Martha Stewart karena gampang sekali, tapi ada beberapa yang saya ganti ya, hehehe.

Red Velvet
Bahan: 

1 1/2 cup minyak sayur
1 1/2 cup gula pasir
2 butir telur
1 sdm pasta red velvet

1/2 sdm pewarna makanan merah
2 1/2 cup tepung terigu
1/3 cup cokelat bubuk
1/4 sdt garam
1 cup butter milk
1 1/2 sdt baking soda
2 sdt cuka/air lemon
Cara Membuat:
1. Campurkan minyak sayur dan gula, kocok hingga rata. Setelah minyak sayur dan gula tercampur rata, masukan telur satu per satu.
2. Masukan pasta red velvet, kemudian kocok hingga tercampur rata.
3. Masukan tepung terigu dan cokelat bubuk (jangan lupa diayak agar tidak ada yang menggumpal) kemudian aduk rata.
4. Masukan butter milk, lalu masukan baking soda yang telah dicampur dengan cuka/air lemon. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang 3 loyang 15cm dibagi rata, kemudian panggang dengan suhu 180 derajat, hingga matang.
Note:
- Karena butter milk susah didapat disini (saya belum pernah liat), saya ganti dengan 1 cup susu cair full cream ditambah dengan 1 sdm cuka/air perasan lemon, diamkan sebentar kemudian akan mengental. Bisa diganti juga dengan plain yoghurt.
- Pasta red velvet bisa dibeli di toko bahan kue, saya beli di Titan Fatmawati


Resep Butter Cream
Bahan:
1000 gram mentega putih ( saya pakai Australi )
700  gram soft cream ( saya pakai Hollman )
1 kaleng susu kental manis putih
2 sdm vanilla extract
300 ml gula cair ( selera )
Cara Membuat:
Kocok mentega putih sampai lembut. Kemudian masukan soft cream, susu kental manis, gula cair dan vanilla extract lalu kocok selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang 2 kali lipat. Butter cream siap dipakai.

Resep Cokelat Ganache
Chocolate Glaze
Bahan:
100 ml heavy cream
100 gram dark cooking chocolate
Cara Membuat:
Panaskan heavy cream dengan cara direbus, jangan sampai mendidih hanya sampai pada pinggirannya terdapat gelembung kecil, kemudian masukan dark cooking chocolate, diamkan selama 5 menit, kemudian aduk dengan menggunakan hand wisk, tunggu hingga dingin.






Selamat mencoba.




You Might Also Like

0 komentar

Subscribe